Ciri Obesitas Pada Anjing Dan Cara Mengembalikan Bentuk Tubuhnya Lagi

Ciri Obesitas Pada Anjing Dan Cara Mengembalikan Bentuk Tubuhnya Lagi

Obesitas merupakan suatu kondisi berat tubuh tidak sesuai dengan berat yang disarankan. Kondisi ini akan menyebabkan beragam permasalahan kesehatan dan juga kesulitan bergerak. Oleh sebab itu, obesitas harus direduksi dengan beragam cara seperti pengaturan pola makan dan konsumsi nutrisi untuk tubuh yang perlu diperhatikan. Latihan fisik juga berguna untuk mendukung turunnya jumlah lemak dalam tubuh.

Ternyata obesitas tidak hanya terjadi pada manusia saja. Hewan peliharaan mampu mengalami obesitas. Dimana kejadian ini disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  1.     Konsumsi makanan hewan peliharaan yang tidak sesuai
  2.     Pola konsumsi makanan hewan peliharaan yang berlebihan
  3.     Jarang melakukan aktivitas dan kerap rebahan
  4.     Hingga mengidap penyakit yang menjadi efek sampingnya

Hewan peliharaan yang cenderung mengalami obesitas yakni kucing dan anjing. Kedua hewan peliharaan ini memang banyak dipelihara oleh masyarakat dan merupakan hewan peliharaan yang umum. Obesitas pada anjing sering kali tidak terlihat sebab anjing memiliki badan yang besar untuk golongan anjing besar sehingga terlihat biasa saja. Jika anda mengalami obesitas maka sebaiknya anda membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan saran medis.

Pemeriksaan medis dilakukan untuk mendiagnosa penyebab anjing menjadi gemuk dan efek kegemukan anjing kepada kesehatannya. Jika tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi obesitas anjing yang kerap ditunjukkan. Salah satu ciri anjing obesitas adalah tulang rusuk anjing yang tertimbun oleh lemak yang dimiliki oleh anjing tersebut.

Penampakkan anjing yang mirip seperti buntalan bantal menjadi ciri obesitas anjing. Anda harus memperhatikan perilaku anda kepada anjing peliharaan anda untuk menekan ciri obesitas anjing sehingga anjing anda dapat tumbuh sehat dalam perkembangannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menekan ciri obesitas anjing yang ditunjukkan setelah melakukan check up dokter hewan :

  1.     Memberikan porsi makanan anjing yang sesuai
  2.     Penuhi nutrisi harian anjing yang sesuai
  3.     Menentukan makanan anjing yang sesuai untuk dikonsumsi
  4.     Mengajak anjing anda untuk beraktivitas baik diluar maupun didalam rumah

Beberapa saran diatas merupakan saran yang baik untuk menekan ciri anjing obesitas anjing yang dimiliki anjing. Pemberian makanan yang sesuai akan mendukung pertumbuhan dan pengurangan lemak anjing. Dimana makanan dalam kemasan untuk anjing peliharaan merupakan makanan yang disarankan dikonsumsi anjing anda. Pemberian makanan segar yang kaya akan lemak dan protein dapat menyumbang pembentukkan lemak dalam tubuhnya karena tidak diketahui jumlah lemak dan protein dalam kandungan makanan tersebut.

Pemberian makanan anjing dalam kemasan yang disarankan adalah 2 hingga 3 kali sehari. Anda dapat mengkonsultasikan pemberian makanan anjing kepada pemilik pet shop tersebut.

Share