Jangan Tergiur Harga Murah, Cek Status Blokir Kendaraan Sebelum Anda Membelinya

July 22, 2021 by No Comments

Jual beli kendaraan bekas di Indonesia sangatlah marak. Bahkan pasarnya pun sangat luas. Peminat kendaraan bekas juga semakin hari semakin meningkat. Di era sekarang transportasi sangatlah penting. Setiap orang butuh yang namanya kendaraan.

Keadaan tersebutlah yang sekarang ini ramai dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk memperoleh keuntungan yang besar, oknum-oknum tersebut bahkan rela berbohong. Seperti memberikan keterangan palsu tentang kendaraan bahkan hingga memalsukan surat- surat kendaraan. Kendaraan yang ditawarkan umumnya lebih murah daripada harga pasaran.

Umumnya yang sering terjadi adalah status STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang ternyata diblokir. Ini tentu merepotkan karena pembeli sudah terlanjur membeli dan STNK-nya diblokir. Dan harus membayar sejumlah biaya untuk mengurusnya. Sangat merugikan, bukan?

Sebagai pembeli yang cerdas, sebelum membeli Anda sebaiknya mengecek seluruh keadaan fisik kendaraan dan juga keaslian dan status surat-suratnya. Mulai dari kesehatan mesin, kecocokan STNK dengan nomor rangka, BPKB, status kendaraan, dan lain sebagainya.

Anda tak perlu risau jika prosesnnya sulit dan lama. Berkat adanya kecanggihan teknologi, cara cek blokir kendaraan semakin mudah melalui hanya melalui telepon genggam. Tak butuh waktu lama Anda bisa mendapatkan info mengenai kendaraan yang akan dibeli.

Berikut Ini Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Mengetahui Status Kendaraan yang Akan Dibeli

  1. Mendatangi Kantor SAMSAT terdekat

Bagi Anda yang belum paham cara cek blokir kendaraan melalui website atau aplikasi, ini merupakan cara manual, untuk mengecek status blokir kendaraan yang akan dibeli. Untuk mengeceknya Anda hanya perlu membawa STNK dan BPKB (jika perlu) kendaraan. Di SAMSAT nanti akan ada beberapa loket, pilih loket yang melayani pengurusan pajak kendaraan bermotor.

Setelah surat-surat Anda serahkan petugas akan memberitahu status kendaraan tersebut. Apakah diblokir atau tidak. Di sana Anda juga bisa mengurus surat kendaraan tersebut jika Anda terlanjur tertarik dengan kendaraan tersebut.

  1. Melalui SMS

Teknologi telepon genggam memudahkan semua orang untuk mendapatkan informasi secara mudah dan cepat. Termasuk cara cek blokir kendaraan. Aplikasi SMS yang terdapat pada telepon genggam bisa dimanfaatkan untuk hal ini.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan SMS dengan format yang telah ditentukan oleh SAMSAT di provinsi Anda, lalu mengirim ke nomor layanan sesuai wilayah. Ingat setiap wilayah punya nomor dan format yang berbeda-beda.

  1. Melalui website

Tak hanya SMS, situs website juga dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat. Setiap daerah memiliki website yang berbeda untuk mengecek blokir kendaraan yang akan dibeli.

Caranya mudah, Anda hanya perlu masuk ke laman website info pajak kendaraan di daerah Anda. Lalu masuk ke menu yang memberikan informasi pajak kendaraan. Anda hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan Anda. Dan informasi pun akan Anda dapatkan.

Itulah cara cek blokir kendaraan. Waspadalah sebelum membeli. Pepatah mengatakan jangan membeli kucing dalam karung, untuk itu, jadilah pembeli yang cerdas dan bijak. Cek seluruh kondisi dan surat-surat kendaraan.

Perlu Anda ingat jangan membeli kendaraan tanpa surat-surat. Memang harganya lebih murah, tapi hal itu ilegal. Kendaraan Anda bisa disita polisi bahkan Anda bisa dituduh menjadi penadah. Jangan sampai hal itu terjadi.