Persiapan Melahirkan di Usia Kehamilan 37 Minggu

December 29, 2020 by No Comments

Proses melahirkan merupakan suatu proses yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Calon ibu dan bapak memiliki beban masing-masing, namun harus saling menguatkan. Usia kehamilan 37 minggu merupakan waktu yang tepat untuk proses melahirkan.

Tanda Perkembangan Bayi 37 Minggu

Berikut perkembangan bayi usia 37 minggu dan kondisinya ketika di dalam perut :

  1. Berat badan naik

Berat badan bayi mulai meningkat karena pada masa ini bayi harus memiliki berat yang cukup untuk dilahirkan ke dunia.

  1. Ruangan semakin sempit

Seiring dengan bertambah panjang atau tingginya bayi maka perut ibu semakin tidak cukup untuk bergerak. Oleh karena itu pada masa ini kita sebagai orang tua dapat melihat pergerakan bayi dari luar perut.

  1. Bayi akan berubah posisi

Biasanya dan seharusnya jika proses persalinan normal bayi akan berada pada panggung ibu. Namun jika hal ini tidak terjadi, dapat dilakukan tindakan operasi sesar untuk proses kelahiran.

  1. Sebagian besar lapisan bulu halus rontok

Lapisan pelindung kulit bayi akan menghilang dan bulu halus bayi akan rontok . Mekonium merupakan buang air besar pertama si bayi yang berwarna kehitaman.

  1. Bayi menghasilkan cortisone

Hormon cortisone dihasilkan untuk mematangkan organ pernafasan bayi. Jadi saat sudah dilahirkan bayi siap untuk bernafas sendiri.

Tanda Persalinan dan Persiapannya

Di usia kehamilan 37 minggu ada beberapa tanda yang muncul yaitu :

  1. Kulit pada bagian perut akan terasa gatal, hal ini sangat wajar dan tidak perlu untuk digaruk kuat. Cukup di usap dengan lembut dan bila perlu diberikan lotion atau baby oil agar lebih nyaman.
  2. Nyeri pada punggung dan jika ini terjadi suami dapat membantu istri dengan mengelus – elus punggung ibu. Hal ini dapat membantu ibu lebih rileks dan nyaman sebelum proses persalinan.
  3. Ibu akan lebih sering buang air kecil karena kandung kemih akan semakin terdesak oleh pertumbuhan bayi dalam kandungan. Hal ini sangat wajar dan merupakan tanda yang baik karena artinya bayi tumbuh dengan baik.
  4. Ibu akan mengalami keputihan, selama tidak berbau menyengat dan konsistensi cair bening bukan merupakan sebuah masalah. Gunakan lapisan tambahan agar tidak membuat basah celana dan nyaman.
  5. Lakukan cek rutin kehamilan dan tanyakan kepada dokter proses persalinan yang terbaik sesuai kondisi kehamilan. Jangan menggunakan idialisme kita untuk proses persalinan karena dapat membahayakan nyawa bayi dan ibu. Proses persalinan normal atau tidak akan tetap menjadi seorang ibu.

Itulah tadi hal – hal yang perlu dipersiapkan jika sudah masuk kehamilan 37 minggu. Jangan khawatir dan tetap ikuti anjuran dari dokter agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar demi keamanan ibu dan bayi.